fbpx
tips beasiswa

Cara Mendapatkan Beasiswa Luar Negeri (Tips Lolos)

Oke mari kita sepakat pada satu hal, bahwa pendidikan adalah hal paling penting di dalam seluruh aspek kehidupan. Karena dengan pendidikan kita semua dapat memutus rantai kemiskinan.

Dengan pendidikan, semuanya dapat berjaya, memajukan negeri, atau berjaya secara mandiri. Tidak jarang orang-orang khususnya di negara berkembang ingin mendapatkan beasiswa luar negeri.

Sampai sini coba kamu merenung dulu, “tujuan aku mendapatkan beasiswa ke luar negeri apa?

Tidak jarang orang yang saya temui ingin kuliah di luar negeri hanya karena gengsi. Atau mereka yang berkuliah di luar negeri hanya ingin menunjukkan bahwa “mereka mampu”. Mampu dalam artian punya biaya (tanpa scholarship grant).

Atau kamu adalah barisan orang-orang yang akan menjadi brain drain? Kamu adalah orang yang ingin pindah dari Indonesia dan memulai karier di luar negeri. Benar begitu?

Hal yang perlu kamu ketahui soal beasiswa ke luar negeri

  1. Beasiswa luar negeri untuk jenjang pendidikan S-1 (strata satu) atau sarjana sangat sedikit. Tidak banyak lembaga yang membuka pendaftaran beasiswa bagi siswa Indonesia. Jadi persaingan akan semakin ketat.
  2. Lembaga beasiswa tidak mencari orang pintar, ya kalau kamu punya kelebihan dari sisi akademis tapi tidak punya nilai etis, tata krama, atau yang paling penting adalah kejujuran. (biar saya jelaskan)
  3. Tiap lembaga beda peraturannya, jadi usahakan banyak membaca. Kalau melanggar, beasiswamu dicabut, kamu harus ganti rugi, dan dideportasi lagi ke Indonesia dengan status pengangguran (tanpa kuliah). Ada kok kasus siswa Indonesia dideportasi dari Jepang karena melanggar. Ga mau kan kaya gitu?
  4. Untuk jenjang magister (S2), beasiswa yang tersedia cukup banyak, apalagi fully-funded, alias gratisan sampai akhir kuliah. Hanya saja, persyaratan biasanya lebih sulit dari beasiswa jenjang s1.
  5. Harus paham bahasa inggris. Oke gini, Monbukagakusho dan Mitsui-Bussan dua-duanya pas wawancara pakai bahasa inggris. Kamu boleh pakai bahasa jepang, tapi bahasa inggris itu fundamental buat beasiswa manapun. Jadi, pelajari bhs inggris dari sekarang sebelum terlambat

Sebenarnya masih banyak lagi yang harus kamu ketahui, tapi di atas adalah suatu dasar yang konseptual bagi seluruh kalangan.

Muda-mudi Indonesia yang ingin berkuliah di luar negeri, bagaimana caranya untuk mendapatkan beasiswa?

Cara Dapat Beasiswa Penuh di Luar Negeri

Pertama, tentuin dulu jenjangnya. Kamu mau kuliah S1 atau S2? Lalu ketahui tiap lembaga beasiswa atau lembaga pemberi amal karena bisa beda-beda peraturannya.

Misalnya saja di lembaga A, kamu diwajibkan untuk mendaftar dengan melampirkan nilai IELTS, sementara di lembaga B tidak.

Kedua, tentukan negaranya. Tidak semua negara di dunia menyediakan beasiswa penuh (fully funded) untuk siswa Indonesia, jadi luangkan waktu kamu ngulik di Kotak Beasiswa buat cari info beasiswa tiap-tiap negara. (postingan diperbarui tiap hari)

Pertanyaan yang sering diajukan

Lulusan SMK boleh daftar beasiswa? Boleh!

Apakah mendapatkan beasiswa penuh itu sulit? Iya sangat sulit. (admin yang mengalami)

Apa harus pulang ke Indonesia kalau sudah lulus? Tergantung pihak lembaga beasiswa, kalau disuruh pulang ya pulang, tapi ada juga yang memperbolehkanmu berpindah kewarganegaraan.

Apakah lulusan S1 PTN bisa daftar beasiswa untuk S1 di luar negeri? Ada yang bisa ada yang enggak. Contohnya monbukagakusho selama umur kamu belum melebihi batas boleh boleh aja kok.

Apakah biaya mencakup semuanya? Tergantung. Ada yang cuma ngebayarin biaya kuliah (tuition fees), ada juga yang membiayai akomodasi sama dikasih jatah uang bulanan.

Apakah ada persayaratan khusus bagi siswa Indonesia? Kadang ada sih. Misalnya kalau kuliah di Eropa, siswa Indonesia wajib ikut foundation year selama setahun, karena kurikulum Indonesia masih belum “diakui” secara internasional, jadi wajib belajarnya ditambah satu tahun untuk penyetaraan.

Adakah pertanyaan lain yang dapat admin jawab? Karena sebagai penerima beasiswa S1 di Jepang, saya merasa harus turut memberikan informasi kepada kamu semuanya.

Elang Alfarez
Kawula muda, jangan pernah putus semangat, jangan pernah lelah terhadap perjuangan. Berjuanglah di negara impianmu, entah itu Indonesia atau di luar negeri.